PT. Radio Mitra Kawanua
Gedung Graha Jasa Group
Jl. Toar 59/61 - Manado | Kode Pos : 95112
Marketing : 0853 9888 2049 Peter (WA)
email : radio.mitrakawanua@yahoo.co.id


Kamis, 29 September 2016

Ini Alasannya Menjaga Kebersihan Penting untuk Menghindari HPV

Jakarta, Human Papiloma Virus (HPV) ada sekitar 130 tipe dan beberapa di antaranya diketahui dapat menyebabkan penyakit mematikan pada manusia seperti salah satunya kanker serviks. Ia mudah ditemukan di mana-mana dan dapat menular apabila seseorang melakukan kontak fisik langsung dengan sesuatu yang tercemar.

Ketua Himpunan Oncologi Ginocologi Indonesia (HOGI) Profesor Dr dr Andriyono, SpOG, (K), memberi contoh pada kasus kanker serviks misalnya seorang wanita bisa saja terkena virus ketika menggunakan toilet kotor. Ketika vagina menyentuh permukaan toilet, ada kemungkinan virus bisa ikut berpindah menimbulkan lesi yang kemudian berkembang jadi kanker.

"Toilet itu bisa jadi sumber penularan HPV. Jadi kalau mau gunakan coba cuci dulu pakai air bersih atau kalau ada pakai antiseptik, akan mati dia," kata Prof Andri dalam temu media program vaksinasi HPV di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2016).

Selain kanker serviks HPV juga diketahui dapat menyebabkan kanker mulut dan tenggorokan, kanker anus, kanker penis, serta kutil kelamin. Penyakit apa yang muncul tergantung dari tipe dan bagaimana HPV menginfeksi.

Untuk menggambarkan betapa mudahnya virus HPV ditemukan, Prof Andri mengatakan ada sebuah studi yang menyebut bahkan virus dapat dijumpai di pegangan pintu rumah sakit. Oleh karena itu karena mungkin sulit dihindari, selain dengan menjaga kebersihan diri vaksinasi juga disarankan.

"Makanya kalau di rumah sakit sekarang semua harus cuci tangan. Apalagi kalau ada ruang perawatan kanker serviks itu harus selalu cuci tangan karena tangan ini juga bisa jadi sumber," kata Prof Andri.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan vaksin HPV diberikan pada anak laki-laki dan perempuan yang belum aktif secara seksual mulai dari umur sekitar sembilan tahun agar efek perlindungan bisa maksimal. Namun demikian tidak ada salahnya juga bila orang dewasa ingin mendapat vaksin karena pada perempuan dewasa sarannya bahkan sampai usia 55 tahun.

(Kompas.com)

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

Thanks