PT. Radio Mitra Kawanua
Gedung Graha Jasa Group
Jl. Toar 59/61 - Manado | Kode Pos : 95112
Marketing : 0853 9888 2049 Peter (WA)
email : radio.mitrakawanua@yahoo.co.id


Rabu, 05 Oktober 2016

Spektakuler..!! Di Lepas Walikota Manado DR.GS.Vicky Lumentut Defile IYD Undang Decak Kagum Warga Manado


Suasana Stadion Klabat saat perayaan Ekaristi Menandai dibukanya IYD

Mitrakawanuafm- Spektakuler !!! itu kata yang tepat di berikan untuk penyelenggaraan event Indonesia Youth Day 2016 di Manado yang rangkaian kegiatannya diawali dengan defile yang di lepas oleh Walikota Manado DR.GS.Vicky Lumentut dari lapangan KONI Manado dan finish di stadion Klabat Manado pada Selasa, 4/10-2016.

Event yang diikuti oleh sekira 37 keuskupan di seluruh Indonesia dan juga dihadiri oleh utusan dari negara luar seperti Timor Leste dan Malaysia ini, benar benar merebut perhatian masyarakat bkota Manado yang turut merasakan kemeriahan dari perhelatan IYD ini.

Masyarakat Kota Manado yang merasakan kemeriahan IYD ini memberi apresiasi pada Orang Muda Katolik yang telah melaksanakan acara ini. Hal itu tergambar saat defile peserta sekaligus arak-arakan Salib dari 37 Paroki seluruh Indonesia yang mengikuti IYD ini walaupun mengakibatkan kemacetan namun tanggapan positif masyarakat justru mengemuka seperti yang dikatakan oleh seorang ibu di seputaran Jalan Sam Ratulangi yang mengatakan
 "Baru kali ini ada arak arakan yang benar-benar menghibur karena semua peserta defile punya kreasi yang menghibur masyarakat yang menyaksikannya,"ujar ibu tersebut.

Adapun defile peserta IYD di lepas langsung oleh Walikota Manado DR. GS.Vicky Lumentut. Saat diberikan kesempatan memberikan sambutan sebelum melepas defile tersebut mengatakan bahwa semua OMK peserta IYD ini secara otomatis telah menjadi warga Manado dan Sulut.
"Semoga semua peserta bisa merasakan keindahan dan kenyamanan Sulawesi Utara khususnya Kota Manado, tidak usah sungkan sungkan karena disini "Torang samua ciptaan Tuhan,"ujarnya disambut dengan tepuk tangan ribuan peserta defile.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE terlihat duduk dibarisan depan di panggung kehormatan bersama dengan Mgr Y.Suwatan bersama dengan dua orang Kardinal yang langsung datang Vatican untuk mengikuti kegiatan ini. Dalam sambutannya Gubernur Olly Dondokambey mengajak seluruh orang muda Katolik beserta semua umat Katolik untuk terus menjaga keutuhan dan kedamaian dalam bingkai kebersamaan untuk mewujudkan Indonesia yang bermartabat,"ujar Gubernur dihadapan puluhan ribu umat Katolik yang memadati Stadion Klabat malam itu.


Setibanya di Stadion Klabat ribuan umat Katholik sudah menanti rombongan defile dan nuansa kebersamaan semakin terasa saat ribuan orang muda Katolik yang sebelumnya tidak saling kenal saling menyapa seakan sudah saling mengenal sebelumya. Salah seorang Tokoh Pemuda Sulawesi Utara Pnt.Gino Languyu mengatakan IYD adalah perhelatan akbar yang pernah ada di Sulawesi Utara dan nilai positif dari kegiatan ini adalah nilai nilai kebersamaan yang dihembuskan lewat kebersamaan yang saling bahu-membahu antara semua golongan agama maupun denominasi,"ini mengajarkan pada seluruh warga Indonesia bahwa Kebersamaan sebagai umat yang semuanya ciptaan Tuhan adalah diatas segala- galanya,"ujarnya pada Mitrakawanuafm.

Salah seorang peserta IYD bernama Tika yang berasal dari keuskupan Semarang mengaku kagum dengan penyambutan orang muda Kristen di Sulut yang menurutnya mengagumkan," sangat ramah dan bersahabat belum lagi toleransi antar umat beragama di Sulut hebat kata Tika,"ketika di daerah lain menonjolkan perbedaan Sulut menunjukkan sesuatu yang benar benar beda, Pokoknya dua jempol buat toleransi umat beragama diSulut,"ujar Tika sambil tersenyum manis.

Adapun peserta defile pada sore itu melibatkan sekira 3000 orang  belum lagi sekira 20.000 orang yang siap menyambut peserta defile di stadion Klabat. Pada umumnya kreasi tarian daerah masing masing peserta yang paling ditonjolkan saat defile seperti peserta peserta dari NTT dan Papua dengan tarian khas mereka yang lebih mengutamakan gerakan kaki yang begitu lincah sedangkan peserta dari Jawa dan Kalimantan serta Sumatra lebih mengutamakan keluwesan badan. Sedangkan Keuskupan Manado yang di wakili 3 keuskupan yaitu Keuskupan Manado, Palu dan Gorontalo yang di kawal oleh penari Cakalele.

Kemegahan juga terasa dalam perhelatan akbar saat malam hari tiba kilasan lighting dan laser yang disiapkan oleh panitia semakin membuat acara yang
mempertemukan seluruh Orang Muda Katolik di seluruh Indonesia ini semakin meriah.

Menandai dibukanya perayaan IYD usai defile semua peserta defile maupun semua umat Katolik yang sudah menunggu di stadion Klabat mengikuti Ibadah Perayaan Ekaristi.

(rmk)

1 komentar:

  1. Blog yang bagus... semoga terus berkembang... Saya ingin berbagi article tentang Duomo di Milan di http://stenote-berkata.blogspot.hk/2018/03/milan-di-piazza-del-duomo.html
    Lihat juga video di youtube https://youtu.be/GkJmdx6yrAo

    BalasHapus

Thanks