PT. Radio Mitra Kawanua
Gedung Graha Jasa Group
Jl. Toar 59/61 - Manado | Kode Pos : 95112
Marketing : 0853 9888 2049 Peter (WA)
email : radio.mitrakawanua@yahoo.co.id


Selasa, 04 Oktober 2016

Pemprov Jabar Syaratkan Mahasiswa Penerima Beasiswa Hapal 5 Juz Al Quran, Bagaimana dengan Non-Muslim?

Bandung - Beredar melalui pesan berantai surat pemberitahuan mengenai syarat penerima beasiswa Pemprov Jawa Barat di Universitas Padjadjaran (Unpad). Salah satu syarat menjadi sorotan, yaitu penerima bea siswa harus hapal 5 juz Alquran.

Surat itu dikeluarkan Unpad pada 27 September lalu. Isinya pengumuman mengenai beasiswa yang diberikan Pemprov Jabar bagi mahasiswa S1, S2, dan S3. Sejumlah persyaratan beasiswa dicantumkan yaitu harus KTP Jawa Barat, prestasi akademik berupa IPK, prestasi non akademik seperti olahraga, seni, sains, teknologi, hafalan 5 juz Al Qur-an. Kuota mahasiswa S1 sebanyak 45, S2 7 orang, dan S3 4 orang.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Staf Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) Disdik Jabar Hendra Sudrajat membenarkan bahwa isi surat itu merupakan pedoman dari Disdik Jabar terhadap Unpad sebagai penyalur beasiswa. Dia menyatakan soal hafalan 5 juz Alquran bukan persyaratan inti.

"Jadi hafal Al Qur-an itu bukan persyaratan inti, tetapi hanya alternatif saja," kata Hendra di kantornya, Jalan Radjiman Selasa (4/10/2016).

Hendra menjelaskan bagi mahasiswa yang tidak hapal 5 juz Alquran atau yang non muslim bisa masuk dalam kategori berprestasi lainnya seperti di bidang olahraga, seni, sains, teknologi, budaya dan komunikasi.

"Jadi kalau ada yang hafal lima juz, dia berhak dapat beasiswa. Begitu juga yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik lainnya," tutur dia

Ia menuturkan persyaratan inti yang harus dipenuhi oleh peserta beasiswa yakni penerima memiliki KTP atau KK berdomisili di Jawa Barat. Sebab, sambung dia, selain warga Jabar tidak bisa menerima bantuan tersebut.

"Ini kan bantuan dari Pemprov Jabar, bukan pihak swasta. Jadi khusus untuk warga Jabar," ucap dia.

Program beasiswa Pemprov Jabar tengah dalam tahap persiapan anggaran. Namun, pihaknya sudah memberikan informasi perihal beasiswa tersebut kepada setiap lembaga pendidikan tinggi yang telah bekerjasama untuk program ini. Ada 17 perguruan tinggi negeri dan swasta di Jabar yang menyalurkan beasiswa Pemprov Jabar.

(Detik.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks