PT. Radio Mitra Kawanua
Gedung Graha Jasa Group
Jl. Toar 59/61 - Manado | Kode Pos : 95112
Marketing : 0853 9888 2049 Peter (WA)
email : radio.mitrakawanua@yahoo.co.id


Selasa, 30 Agustus 2016

Bagaimana Idealnya Berat Badan Bayi ASI?

Berat badan bayi baru lahir cenderung berfluktuasi sedikit demi sedikit. Apalagi jika sang bayi hanya mendapatkan ASI eksklusif sejak lahir.

Dilansir Boldsky, Selasa (30/8/2016), saat pertama bayi lahir berat normalnya yakni 2.500 gram-4.000 gram. Setelah mendapatkan ASI selama kurang lebih pada dua minggu pertama setelah lahir beratnya naik lima persen.
Bayi ASI setidaknya mengalami kenaikan berat badan sekira 500 gram-1.000 gram setiap bulan. Hal ini wajar dan harus rutin dipantau.

Namun, pada bulan-bulan pertama, berat badan bayi bisa turun karena tingkahnya yang terlalu aktif. Moms, janganlah panik asal turunnya masih dalam batas wajar.
Biasanya, bayi Anda kuat menyusu sebanyak tujuh hingga 12 kali dalam sehari semalam. Meskipun badannya tidak terlihat gemuk, ada bagian tertentu misalnya tangan, kaki, paha, atau pipi yang terlihat berisi dan kencang.

Kondisi ini berbeda dengan bayi yang minum susu formula. Sehingga bayi ASI tidak akan mengalami obeitas, karena susu yang keluar dari payudara ibu tidak berkalori tinggi.
Lalu, setalah bayi berusia enam bulan, berat badannya langsung meningkat secara drastis. Setelah satu tahun, beratnya bisa lebih dari dua kali lipat dari berat lahir. Jika berat badan lebih dari itu, maka lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter.

Setelah enam bulan, bayi Anda sudah mendapatkan makanan pendamping ASI kaya nutrisi. Ditambah dengan ASI yang bergizi dan tetap membuat berat badan bayi Anda terjaga.

(Okezone.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks